Minggu, 15 Juli 2012

cara mudah menghemat duit

idup hemat,  sangat dianjurkan oleh siapapun. Dengan berhemat, kita bisa mengatur keuangan dengan lebih bijak, sehingga suatu waktu bila kita membutuhkan dana yang lumayan besar, kita bisa memenuhinya karena memiliki simpanan dari hasil kita berhemat. Tips berikut ini cara menghemat uang yang mungkin akan sangat bermanfaat bagi anda, ingatlah berhemat lebih memberikan keuntungan daripada menghambur-hambur uang untuk sesuatu yang kurang mendatangkan manfaat.
Berpikir 24 jam, malah lebih baik 72 jam!
Saat anda ngebet ingin membeli sebuah barang (Handphone misalnya), sebelum memutuskan untuk langsung membelinya, ada baiknya anda kembali ke rumah, terus berpikirlah selama 24 jam, apakah memang anda benar-benar membutuhkan handphone baru? Apakah handphone lama memang sudah tidak bisa memenuhi kebutuhan komunikasi anda? Berpikir ulang selama 72 jam akan lebih, sehingga anda tambah yakin, apakah memang membutuhkan benda tersebut? Dengan demikian anda bisa tahu plus minus dari keinginan anda membeli barang tersebut. Dan tentunya, jika ternyata anda menyadari bahwa anda  saat ini tidak terlalu membutuhkan HP baru, karena HP lama masih bisa anda gunakan, berarti anda telah menghemat ribuan rupiah.

Cari yang Gratis
Siapa sih yang tidak suka gratisan, setiap orang pasti sangat menyukai mendapatkan sesuatu dengan gratis. Nah, sebelum anda memutuskan untuk membeli sebuah buku, mending anda kunjungi dulu perpustakaan umum, terus cari buku yang anda ingin baca tersebut, dengan demikian anda bisa menghemat beberapa ribu rupiah.

Kurangi jalan-jalan dan belanja ke Mall
Menghabiskan waktu dengan berjalan-jalan dan belanja ke mall memang mengasyikan, tapi bila itu dilakukan tiap hari, namanya pemborosan. Cobalah kurangi sedikit demi sedikit waktu kunjungan anda ke Mall. Masih banyak tempat yang asyik dan tentunya gratis yang bisa anda kunjungi, taman bermain misalnya.

Evaluasi Gaya Hidup Anda
Sadarilah anda bukanlah benda, tapi manusia. Anda tidak harus memakai, mengendarai atau menggunakan benda, mobil atau laptop terbaru dan teranyar. Cobalah kurangi nafsu anda untuk selalu uptodate dengan teknologi terbaru, sadarilah bahwa kemajuan teknologi (gadget, handphone, laptop atau mobil) selalu berkembang tiap hari. Jadi evaluasi apakah anda perlu selalu uptodate setiap hari dan setiap saat yang tentunya membutuhkan dana yang besar.

Kurangi Pengeluaran Yang Tidak Perlu
Punya nomor handphone dua? Cobalah berpikir ulang, bukankah dengan sebuah nomor saja, kita bisa terus terhubung dengan teman-teman kita, kerabat, family sampai rekan bisnis. Cobalah kurangi hal-hal kecil yang sepele namun ternyata bisa menguras dana anda.

Cobalah untuk Menawar
Saat membeli sesuatu (yang tidak ada label harganya) cobalah untuk menawarnya sebisa mungkin, gunakan kemampuan anda untuk tawar menawar. Jangan pernah malu, tawar menawar dalam sebuah transaksi jual beli adalah wajar dan tentunya anda bisa mendapatkan barang yang anda inginkan dengan harga yang kompetitif alias anda bisa menghemat beberapa persen uang anda.

Jadikan hobi sebagai sumber uang
Yups… Anda punya hobi membuat kue? Atau membuat kerajinan tangan, kenapa tidak jadikan hobi anda tersebut untuk sesuatu yang berguna dan menghasilkan? Selain anda bisa menyalurkan hobi, andapun bisa mendapatkan sesuatu yang bermanfaat berupa materi, cukup menyenangkan bukan?

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar